Enjoy Your #StayAtHome, Inilah Aktivitas Berfaedah yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah



Dengan adanya wabah virus korona yang semakin meluas, kita sangat dianjurkan untuk beraktivitas lebih banyak di dalam rumah. Tagar #stayathome (#dirumahaja) atau #workfromhome memenuhi lini masa media sosial. Sebagai citizen of the world yang baik, tentu kita harus menaati anjuran tersebut agar rantai penyebaran virus covid-19 terputus. 

Untuk kamu yang terbiasa berkegiatan di luar, melakukan aktivitas di dalam rumah bisa jadi menjemukan. Kira-kira kegiatan apa saja yang membuat kita tidak bosan untuk beraktivitas di dalam rumah? Cek inspirasinya di bawah ini, ya.

1. Menata ruangan kerja
Photo by Matthew Henry from Burst 
Mumpung ada anjuran #workforhome, inilah waktu yang tempat untuk memiliki ruang kerja impianmu. Kamu bisa menempatkan meja kerja di dekat jendela agar mendapat pencahayaan yang alami dan bisa memandang keluar rumah dengan leluasa jika sedang suntuk. Menghias ruangan dengan tanaman kecil seperti sukulen juga bisa mempercatik rumah dan ruang kerjamu. Mengubah tata letak furnitur juga bisa membuat suasanya terasa baru dan tidak membosankan sehingga bekerja dari rumah terasa menyenangkan. Dengan melakukan hal ini, secara tidak langsung kamu juga telah membereskan dan membersihkan rumahmu, lho. Kamu bisa melihat berbagai inspirasi dekorasi rumah disini.

2. Brain feeding dengan buku, Podcast, Youtube berfaedah
Photo by Shopify Partners from Burst
Adanya #workfromhome membuat kita fleksibel mengatur waktu. Jika pekerjaanmu sudah selesai, luangkan sedikit waktu untuk mengisi otakmu dengan hal-hal yang bermanfaat. Kamu bisa membaca buku sebelum tidur atau saat istirahat siang. Jika kamu biasa menonton konten Youtube yang bersifat hiburan, lirik juga konten-konten yang menambah ilmu pengetahuan dan pengembangan diri. Kamu bisa melihat rekomendasi konten Youtube dan Podcast berfaedah disini.

3. Mencoba resep makanan dan minuman sehat
Photo by Sheila Pedraza Burk from Burst
Konsumsi makanan bergizi dan seimbang menjadi salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh. Apalagi di situasi saat ini, mengonsumsi makanan sehat adalah suatu keharusan. Manfaatkan waktu #stayathome untuk mencoba berbagai resep makanan sehat agar daya tahan tubuhmy tetap terjaga dengan baik. Kamu juga bisa membuatnya bersama orang tersayang di rumah. Untuk kamu yang tinggal sendiri, tak ada salahnya untuk mencoba juga, bukan? Kamu bisa memamerkan hasil masakanmu di media sosial. Siapa tahu hal ini bisa jadi inspirasi teman-temanmu untuk mencobanya. Ingat, sharing is caring.

4. Everyday is workout day
Photo by Matthew Henry from Burst 
Setelah membuat dan mengonsumsi makanan sehat, lengkapilah dengan berolahraga. Namun, kali ini cukup lakukan di rumah saja, ya. Banyak sekali inspirasi #homeworkout yang bisa kamu temukan di Youtube. Mulai dari dance workout, yoga, aerobik, dan masih banyak lagi. Selalu awali dengan pemanasan yang cukup dengan gerakan yang benar, serta lakukan pendinginan jika sudah selesai berolahraga. Lakukan olahraga yang kamu sukai, sesuaikan dengan kemampuan tubuhmu, dan ingatlah untuk tidak berolahraga secara berlebihan. 

5. It's family time!
Photo by Matthew Henry from Burst 
Manfaatkan waktu ini dengan melakukan quality time bersama keluarga. Kamu bisa memasak bersama seperti poin nomor 3, makan bersama sambil berbincang akrab, merawat hewan peliharaan, dan saling menyemangati untuk selalu melakukan perilaku hidup bersih sehat. Jika kamu punya kebun di rumah, manfaatkan untuk membersihkan kebun bersama keluargamu. Menonton film keluarga juga bisa dilakukan untuk mengusir rasa bosan di rumah.

6. Luangkan waktu untuk entertainment time
Photo by Humphrey Muleba from Burst 
Selesai melakukan pekerjaan, tak ada salahnya kita menghibur diri agar tidak stres. Cobalah membuat daftar kegiatan hiburan yang kamu sukai. Nonton serial Netflix, binge watching drama korea, journaling, dan kegiatan lain yang bisa menghiburmu dari penatnya pekerjaan. Pilih hiburan yang berbeda setiap harinya agar hari-harimu semakin berwarna walaupun di rumah aja. Tapi ingat, tetap atur waktunya ya. Gunakan waktu entertainment secukupnya dan tetap priorotaskan pekerjaan/kewajibanmu.

Itu dia kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah. Semoga kalian selalu sehat dan tetap produktif ya. Jangan lupa untuk terus menerapkan perilaku hidup bersih sehat kapanpun dan dimanapun kita berada. 

0 komentar