Quora Itu Asik, Lho!



Akhir-akhir ini, saya lebih sering membuka situs dengan logo merah mirip Youtube itu. Apa sih Quora? Emang asik ya main Quora?

Kalau belum familiar sama platform ini, yuk kenalan.

Quora adalah situs berbagi pengetahuan dari berbagai bidang. Disitu kita bisa mengajukan ataupun menjawab pertanyaan yang diajukan. Singkatnya, ini adalah platform tanya jawab tapi beda dengan ask.fm, yang mana di Quora itu penjawabnya niat (kalau ask.fm
menurut saya untuk seru-seruan aja, buat kepo-kepo) dan kita bisa menambah ilmu baru dari jawaban yang didapat.

Quora versi Indonesia mulai ada sejak 2018 lalu, sedangkan versi aslinya yaitu Bahasa Inggris sudah ada sejak 2010. Tadinya saya belum terlalu paham cara kerja platform ini. Kemudian saya menemukan pertanyaan-pertanyaan unik dan saya pikir ini adalah platform yang menarik banget buat diikuti. Dan ternyata memang benar. Setiap hari, saya pasti buka Quora dan menemukan pertanyaan serta jawaban yang bikin saya berekspresi "ooh..jadi gitu". Iya, segitu kerasanya manfaat Quora untuk saya yang suka penasaran sama banyak hal. Penggunanya pun sangat beragam latar belakangnya, baik dari segi pendidikan, pekerjaan, pengalaman, budaya, dan masih banyak lagi lainnya. Sependek yang saya tahu, pengguna Quora itu tidak seperti user media sosial lain yang terkadang minim sopan santun atau suka memberi komentar hujatan. Adem lah pokoknya. Kalau mau adu pendapat pun berdasarkan pengetahuan yang dia punya, nggak memaksa kalau pendapatnya itu benar, kayaknya masing-masing itu sudah punya kesadaran dan bijak dalam menggunakan media sosial.

Ada berbagai macam ruang obrolan yang bisa diikuti sesuai dengan minat. Saya banyak sekali mengikuti berbagai macam ruang obrolan karena masing-masing punya keunikan tersendiri. Bahkan yang kelihatannya kaku misalnya bidang sains juga saya ikuti karena bahasa yang digunakan si penjawab tidak melulu kaku. Identitas si penjawab juga cukup jelas dan merupakan ahli di bidangnya, karena ada deskripsi singkat tentang informasi setiap member, contohnya pekerjaan.

Sejak ada Quora, saya jadi jarang scrolling instagram (buka IG kalau lagi butuh inspirasi aja) karena dari Quora saya juga dapat banyak sekali inspirasi untuk menulis. Jadi, main medsos sekarang lebih berasa ada manfaatnya, nggak cuma ngabisin quota dan perasaan aja hehe.

Gimana, tertarik untuk mencoba Quora?

0 komentar