Cuma Ada Telur di Kulkas? Bikin Resep Ini, Yuk!



Apakah kamu pernah merasa lapar, tapi cuma ada telur di kulkas? Dan kamu sudah bosan dengan telur dadar atau ceplok. Nah, biar beda dari yang biasanya, kamu cukup melakukan variasi cara masaknya saja. Saya mendapat inspirasi resep ini dari Youtube dan Pinterest. Menjelajah dua situs itu untuk mencari resep memang menyenangkan, apalagi untuk kamu yang hobi masak. Ini dia resep yang sangat sederhana berbahan dasar telur yang bisa kamu coba di rumah.

1. Scrambled Egg

realplans.com

Menurut Chef Arnold Poernomo di channel Youtubenya, ada scrambled egg ala Asia dan Western. Orang Asia itu lebih suka yang kering, sedangkan orang bule suka yang creamy. Orang Asia lebih makanan utamanya nasi, sehingga lebih cocok dengan telur yang kering. Sedangkan telur bertekstur creamy cocok dimakan dengan roti.

Membuat scrambled egg yang kering butuh minyak yang lebih banyak dan suhu panas. Saya sendiri memilih minyak yang tidak terlalu banyak. Panaskan kurang lebih 2 sdm minyak, masukkan telurnya, lalu diaduk-aduk di atas teflon, jangan lupa tambahkan lada dan garam. Kamu bisa menambahkan topping atau saus sesuai seleramu. 

Ada yang pernah nonton acara TV Korea Kang's Kitchen? Salah satu membernya yaitu Ahn Jae Hyun sangat jago membuat omurice. Tekstur telurnya yang dibuatnya sangat lembut. Membuat telur dengan tekstur seperti itu memang butuh banyak latihan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat disini ya.


2. Egg Roll

seasonedfashion.com

Menu ini sering kita lihat di drama Korea atau Jepang. Membuatnya cukup mudah. Agar lebih bergizi bisa ditambahkan sayur (misalnya wortel) yang dipotong kecil-kecil dan tambahkan daun bawang agar lebih sedap.

Bahan-bahan:
Telur ayam 
Garam
Lada
Minyak
Opsional:
Sayuran potong kecil
Daun bawang
Saus

Cara membuatnya, telur yang sudah dikocok perlu dibagi dua. Pertama, dadar dulu adonan 1, kalau sudah matang digulung ke tepi teflon, lalu masukkan adonan kedua. Setelah itu digulung lagi.  Lihat disini untuk langkah-langkah yang lebih jelas.

3. Sandwich Telur (Egg in the hole)

www.thriftyfun.com

Kalau ada persediaan roti dan telur, menu ini wajib dicoba karena sangat mudah untuk membuatnya. Pertama-tama, kita lubangi bagian tengah roti tawar. Lubang ini digunakan untuk menceplok telur, jadi telurnya akan menyatu dengan roti. 


Cara membuat:
Panaskan margarin atau mentega di teflon, panggang roti dan letakkan telur di lubang roti. Tambahkan garam dan lada di atasnya. Kamu bisa menambahkan bahan lain untuk dijadikkan topping. Contohnya keju slice, crab stick, atau saos. Agar lebih kenyang, taruh satu lembar roti lagi di atasnya sehingga serupa sandwich.

4. Sup Telur

www.mommymusings.com

Resep ini cocok dibuat saat musim hujan dan kita sedang butuh makanan hangat. Cara membuatnya cukup mudah. 


Ini bahan-bahan sederhana versi saya:
Telur ayam
Bawang putih (bubuk atau cincang)
Lada
Garam
Gula
Tepung maizena
Kecap+saus tiram+cabe bubuk sedikit (opsional)

Rebus air (kalau bisa air kaldu), tambahkan bawang, garam, merica, tambahkan tepung maizena agar teksturnya kental. Telur yang sudah dikocok dimasukkan dan diaduk-aduk. Agar makin lengkap bisa ditambahkan jagung atau makaroni dan sayuran lain. Resep lengkapnya bisa dilihat disini


Itu dia beberapa resep olahan telur yang bisa kalian coba. Cukup dengan bahan seadanya yang ada di dapur dan kulkas, kalian sudah bisa menikmati olahan telur selain ceplok dan dadar. Selamat mencoba!

0 komentar