Sudah Masuk Musim Hujan, Saatnya Baca Stories For Rainy Days-nya Naela Ali


Sudah tahu Naela Ali? Ia adalah ilustrator asal Indonesia yang saat ini produktif menerbitkan buku-buku yang dihiasi ilustrasi cantik buatannya.

Saya tahu buku ini sejak pertama kali diterbitkan bulan Mei 2016. Saat itu, saya ragu mau beli karena harganya cukup mahal, Rp 110.000. Saya lihat reviewnya di internet belum ada karena masih fresh from the oven. Covernya bikin saya tertarik banget.
Warna putih, simple font, gambar kucing. Sayangnya, saat bukunya terbit sepertinya bukan di musim hujan. Padahal dari judulnya aja itu adalah cerita yang cocok dibaca ketika hujan. Akhirnya saya urung beli, tapi kemudian balik lagi beberapa hari kemudian dan mantap untuk membelinya setelah kesusahan cari-cari review.

Buku itu terdiri dari beberapa cerita pendek dan semuanya dilengkapi dengan ilustrasi yang mendukung. Ilustrasinya digambar menggunakan teknik watercolour. Cantik deh pokoknya. Ceritanya sendiri sebagian besar tentang cinta dan berulang kali disebutkan tentang past, future, dan possibilities. Semuanya ditulis dalam bahasa Inggris.

Jujur, saya kurang menjiwai dan kurang "ngena" saat pertama kali membacanya. Maksudnya?

Jadi...kayak kurang nendang gitu buat saya. Mungkin karena suasana hati saya sedang biasa-biasa aja, lagi nggak mood baca tema seperti ini (baca: romansa). Tapi saya sangat menikmati ilustrasinya karena saya orangnya visual banget.

Kemudian, saya baca lagi buku itu ketika sudah masuk musim hujan, jadi atmosfernya dapet banget. Santai sore ditemani minuman hangat, musik yang lembut, dan buku yang cantik. Akhirnya saya bisa menikmati buku itu secara keseluruhan :)

Bulan Februari 2017 lahirlah seri buku ini yang kedua. Saya nggak langsung beli sih. Belum ada uang lebih haha. Maklum, harga satu bukunya lebih dari 100 ribu. Perlu nabung dulu untuk beli buku harga segitu. Sejak saat itu, Naela Ali saya nilai cukup aktif menerbitkan buku. Selain Stories For Rainy Days, ada Things & Thoughts I Drew When I Was Bored, buku kumpulan cerpen Floating in Space, dan yang terbaru Silly Gilly Daily (terbit April 2019). Bulan Desember 2019 besok Naela juga akan menerbitkan jurnal dan sticker book, yang sebelumnya bisa didapatkan lewat PO. 

Sampai saat ini saya punya semua bukunya yang sudah terbit di toko buku. Beberapa di antaranya saya ikut PO special package-nya dan datang ke book launching saat Naela tur ke Yogyakarta. Kalau saya lihat di Asobi (toko yang menjual barang dan buku karya Naela), ada artbook lain yang dibuatnya, judulnya Cats dan Itadakimasu.

Buku-buku Naela tergolong bacaan yang ringan, cocok untuk properti fotografi, dan kebanyakan hardcover jadi kesannya kokoh dan "wah". Desain covernya juga simpel, didominasi warna-warna pastel. Dilihat dari post Naela di Instagram, buku SFRD sudah diterbitkan ke dua bahasa lain, tapi saya lupa bahasa negara mana.

Saya memang penyuka artbook, yang penuh ilustrasi, gambar, dan warna. Jadi ada suasana yang berbeda ketika membaca, nggak melulu lihat tulisan aja. Saat ini sudah banyak penulis Indonesia yang membuat buku disertai foto dan ilustrasi. Ini memang tambah bikin cakep sih karena bisa menguatkan ceritanya.

Next, saya akan membahas buku-buku dengan ilustrasi atau foto yang saya punya :)

0 komentar